Belajar Aksara Batak

Belajar Aksara Batak amatlah mudah. Ke-19 aksara yang ditambah beberapa tanda diakritik dapat cepat dipahami.

Aksara

Semua ina ni surat yang berupa konsonan berakhir dengan bunyi /a/ (bp bapa).

Anak ni Surat

Untuk menambah bunyi vokal, bunyi sengau dan bunyi /h/ serta untuk mematikan bunyi /a/ perlu ditambah beberapa tanda diakritik (anak ni surat). Perhatikan bahwa dari semua bahasa Batak, bahasa Toba memiliki jumlah bunyi bahasa yang paling sedikit. Hanya bahasa Karo dan Pakpak yang memiliki bunyi e-pepet dan oleh sebab itu maka ada huruf tersendiri untuk e-pepet yang berbeda dengan e-keras. Dalam bahasa Batak lainnya bunyi e-pepet menjadi /o/: telu => tolu, besi => bosi.

Baik Toba maupun Mandailing tidak memiliki bunyi /h/ pada akhir suku kata sehingga: idah => ida, rumah => ruma, geluh => golu, reh =>ro.

  1. Venansius Raditya Benito SinagaVenansius Raditya Benito Sinaga10-17-2012

    saya mahasiswa arkeologi, Universitas Indonesia. kelas peminatan epigrafi.
    saya ingin bertanya mengapa aksara simalungun begitu banyak berbeda dengan aksara batak daerah lainnya? dan bagai mana membedakan aksara Ha/Ka dengan Wa?

    • adminadmin10-17-2012

      Sebetulnya perbedaannya tidak banyak. Garis-garisnya cenderung terputus, dan kadang agak melengkung. Selain itu aksara Simalungun sangat mirip dengan aksara Batak lainnya.

    • Dr. Uli KozokDr. Uli Kozok06-15-2013

      Sebenarnya aksara Simalungun hampir sama dengan aksara Batak lainnya. Banyak kemiripan terutama dengan Toba dan Mandailing, hanya hurufnya cenderung terbentuk agak bergelombang.

  2. benny damanikbenny damanik11-01-2012

    untuk penulisan kata berakhiran K.
    Misal menulis DAMANIK.
    Penulisan K dengan aksara simalungun ada kiat atau arktik khusus ga pak?
    Diateitupa.

  3. adminadmin11-01-2012

    Damanik akan ditulis dmnki\ (tanda \ adalah tanda bunuh)

  4. Juandaha Raya PurbaJuandaha Raya Purba12-30-2012

    Selamat natal menjelang tahun baru Pak kozok. Saya ingn bertanya di font komputer yang bapak buat saya tidak menemukan diakritik untuk “ei’. “uy”, dan “ou”. Apa saran bapak?

  5. dasril marbun banjarnahordasril marbun banjarnahor09-21-2013

    horasmadihita saluhutna natuatuanami nian dipangido rohanami moloboinian asaajari hamuana hami, akka generasi penerusmu asabaoinian hubotohami taringot tuadatta adat batak, dohot surat batak. mauliate. horas.

  6. Korbert SiraitKorbert Sirait09-23-2013

    Horas….

  7. horasio sihotanghorasio sihotang10-07-2013

    Horas ma di hita saluhutna..
    Saya mau menanyakan.. Dalam stempel/ Gambar stempel Sisingamangaraja terdapat tulisan/ aksara Batak.. mohon diberi petunjuk dan penjelasannya, agar kami generasi muda dapat lebih mengerti..
    Trimakasih..
    Horas!!

    • Dr. Uli KozokDr. Uli Kozok10-07-2013

      Aksara Batak yang terdapat di cap Singamangaraja sudah saya terjemahkan semua beserta dengan analisis cap itu sendiri. Dapat dibaca dalam buku Kozok, Uli, (2009), Surat Batak: sejarah perkembangan tulisan Batak: berikut pedoman menulis aksara Batak dan cap Si Singamangaraja XII, Gramedia / École française d’Extrême-Orient, ISBN 979-910-153-0. Lihat juga https://id.wikipedia.org/wiki/Sisingamangaraja_XII.

  8. Horas pak…
    Mau nanya ciri khas batak yg sebenarnya itu apa ya?
    Rumah kah ? Atau apa ?
    Terimakasih

  9. Cerita BahasaCerita Bahasa01-08-2017

    Halo Pak Uli,

    Apakah ada saran untuk kibor khusus aksara Batak?

    Mejuah-juah,

    • Dr. Uli KozokDr. Uli Kozok01-08-2017

      Khusus untuk Surat Batak Toba kami telah membuat program konversi Latin=>Batak. Namanya transtoba. Versi baru Transtoba akan segera diluncurkan.

      • Amos HasianAmos Hasian01-11-2017

        Terima kasih Amangboru Uli Kozok. Hahaha
        Dimana saya dapat memperoleh aplikasi konversi tersebut?

        Pertanyaan saya, apakah semua kata (termasuk yg berasal dari bahasa asing) dpt dikonversi LANGSUNG ke akasara Batak”?. Misalnya Christopher. Apakah harus dikonversi awal dulu menjadi dialek Batak, yaitu Kristoper.

        Terima kasih,
        Amos

        • Dr. Uli KozokDr. Uli Kozok01-11-2017

          Iya,

          Lagipula cara penulisan CHR dan PH merupakan penulisan kuno yang masih dipertahankan oleh beberapa bahasa yang bersikap konservatif. Seharusnya memang Kristofer. Bahasa Swedia misalnya sudah lama menulisnya Kristofer, sementara bahasa Inggris bersifat konservatif dengan ejaan yang sangat kuno. Contoh lain misalnya x seperti dalam kata taxi. X adalah huruf mubazir dan patut diganti dengan ks. Bahasa yang lebih modern penulisannya seperti bahasa Indonesia dan bahasa Belanda sudah menulisnya taksi. Q juga merupakan huruf yang serba mubazir yang juga sudah dihapus dalam bahasa Belanda dan banyak bahasa lain.

          Tentu saja ada bunyi yang tidak terdapat dalam bahasa Batak, misalnya bunyi [x] seperti dalam kata ‘air bah’ [bax]. Kalau aksara Karo bisa menulisnya, aksara Toba tidak.

      • Dr. Uli KozokDr. Uli Kozok01-11-2017

        Alamat Transtoba akan diberitahu kalau sudah diluncurkan. Sekarang masih dalam tahap perkembangan.

Leave a Reply